Tuesday, September 18, 2012

Kota Pekalongan Segera Realisasikan Program Minapolitan

emerintah Kota Pekalongan bertekad segera mewujudkan program minapolitan, dengan langkah awal memanfaatkan sekitar 40 hektare lahan milik PT Perikanan Nusantara Pekalongan di Kelurahan Panjang Wetan untuk kegiatan bisnis perikanan.

Kepala Dinas Peternakan, Pertanian, dan Kelautan (DPPK) Kota Pekalongan Candra Herawati di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa pemkot sudah mengajukan proposal peminjaman aset tanah dan bangunan itu secara langsung kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan saat berkunjung ke Pekalongan pada 7-8 September 2012.

"Kami sudah mengusulkan hal itu kepada Menteri BUMN untuk meminjam pakai aset yang mangkrak milik BUMN tersebut sebagai upaya menunjang suksesnya program minapolitan" katanya.

Menurut dia, tanah seluas 40 hektare milik PT Perikanan Nusantara saat ini disewakan dan digunakan oleh sejumlah pihak, antara lain disewakan kepada perusahaan milik Korea PT Blue Sea Industries.

"Saat ini bangunan di lokasi itu kini terkesan mangkrak dan tak terawat. Oleh karena itu, kami berinisitaif meminjam aset milik BUMN seluas 40 hektare tersebut untuk keperluan mendukung program minapolitan," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemkot telah mempunyai sejumlah program pengembangan kawasan minapolitan sehingga hal itu membutuhkan dukungan berupa sarana dan prasanana yang cukup.

"Sedikitnya ada dua program yang harus bisa kami kembangkan, yaitu program inti yang dalam pengembangannya bekerja sama dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP). Kemudian program pendukung atau penunjang, yang berupa minapolitan tangkap dan indutrialisasi udang," katanya.

Menurut dia, pengembangan industrialisasi udang akan menjadi tugas Pemerintah Kota Pekalongan sebagai upaya mendukung perwujudan program tersebut.

"Pemkot akan membangun berbagai sarana prasarana penunjang, antara lain membangun gudang pendingin (cold storage) yang rencananya dimulai 2013, pembangunan pasar ikan, kapal andon, dan pondok boro," katanya. (antarajateng)


9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Kota Pekalongan Segera Realisasikan Program Minapolitan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment