Wednesday, January 9, 2013

Tebing Jembatan Atis Ambrol

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Batang tidak hanya menumbangkan pepohonan saja. Namun, juga mengakibatkan tebing Jembatan Atis di Desa Selokarto, Kecamatan Pecalungan yang merupakan jalur transportasi Limpung-Bandar, ambrol.

Akibatnya untuk sementara truk tidak bisa lewat. Sedangkan untuk mobil pribadi atau angkutan umum, masih bisa melewati jalur Limpung-Bandar lewat jalan kampung.

Keterangan yang dihimpun di lokasi menyebutkan, ambrolnya badan jembatan itu terjadi Minggu (6/1) sore. Saat itu kawasan wilayah Alas Roban hujan deras disertai angin.

Kali pertama yang mengetahui ambrolnya badan jembatan itu, Eko warga setempat. Dia langsung menginformasikan terjadinya bencana itu ke petugas piket kecamatan yang selanjutnya meneruskan ke Camat Pecalungan Drs Wilopo MM dan Sekcam Heru Wibowo SSos MM. Para pejabat itu segera meninjau lokasi.

Saat itu juga warga langsung menutup jalan yang meng­­hubungkan Bandar-Pe­ca­lung­an-Limpung. Untuk sementara waktu truk tidak bisa lewat.

Sementara mobil pribadi dan angkutan pedesaan dialihkan lewat jalan kampung.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Ir Susilo Heru Yuwono MM bersama Senewan AMT MM dari Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, juga berada di lokasi.

’’Akibat hujan deras itu debit sungai-sungai juga tinggi. Salah satunya, Sungai Atis ini juga disamping arusnya deras,’’ ujar Susilo Heru Yuwono.

Dia menuturkan, badan jembatan itu ambrol karena ada aliran air yang masuk di bawah jalan.

Karena debit Sungai Atis yang tinggi disertai derasnya arus yang menghantam tebing bawah jembatan tergerus. Akibatnya badan jembatan ambrol.

’’Secara kebetulan Jembatan Atis dibangun tahun 1992 sudah kami deteksi untuk segera direhab tahun 2013. Karena, dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya aliran yang mengalir di bawah jalan.’’

Heru menambahkan, perbaikan jembatan sudah dilakukan sejak Senin. Yaitu dengan menambal bagian bawah, serta penguatan tebing.

’’Kami optimalkan dan maksimalkan perbaikan Jembatan Atis ini secepatnya. Tahap awal, jembatan bisa dilewati kembali kendaraan.’’


Jalur Limpung-Pecalungan-Bandar merupakan alternatif di wilayah Kabupaten Batang, apabila terjadi kemacetan di jalan raya pantura Alas Roban. Khususnya bagi kendaraan pribadi maupun bus kecil.

Karena dari Bandar bisa langsung menuju ke Batang-Pekalongan. Sebaliknya, yang akan ke Magelang-Yogyakarta, dari Limpung menuju ke Tersono-Plantungan-Sukorejo-Patean langsung masuk wilayah Kabupaten Temanggung. (ar-48,15)

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Tebing Jembatan Atis Ambrol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar: