Saturday, July 7, 2012

Pekalongan Siap Gelar Pilkada dengan e-Voting

Walikota Pekalongan, Jawa Tengah, dr HM Basyir Ahmad, menegaskan Kota Pekalongan siap menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menggunakan sistem elektronik atau e-voting.

Pemkot Pekalongan saat ini tinggal menunggu izin dari KPU Pusat danDPRRIuntuk pelaksanaannya di Pemkot Pekalongan.

“Jika e-voting jadi dilaksanakan maka penyelenggaraan Pilkada 2015 mendatang akan banyak menghemat anggaran. Keberadaan e-voting ternyata mampu mengurangi berbagai biaya pengeluaran seperti biaya cetak surat suara, pengawas Pilkada dan masyarakat pun bisa melakukan pendaftaran dengan e-KTP,” jelasnya kepada LICOM.

Drs RM Firdaus, Ketua Divisi Kampanye, Hukum dan Pengawasan pada KPU Kota Pekalongan,mengatakan, kesiapan pelaksanaan e-voting terjadi karena melihat perkembangan IT di Kota Pekalongan cukup berhasil, seperti penerapan Free Open Source Software (FOSS) di instansi-instansi Pemkot.

“Apabila perangkat, regulasi dan sistem elektronik telah siap maka kami berkeyakinan untuk sanggup melaksanakan e-voting dalam Pilkada 2015 nanti,” ujarnya.

Firdaus menambahkan Sosialisasi yang dilakukan secara luas kepada masyarakat sebagai pihak yang akan menjadi pelaksana dalam pilkada elektronik dengan hak pilihnya akan terus di gencarkan.

“Perlu juga kesiapan penyelenggaraan dari kami selaku KPU Kota Pekalongan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pemkot,” katanya.

E-voting sendiri sebenarnya telah dilaksanakan pada tahun 2008 lalu di Kabupaten Jembrana saat pemilihan kepala desa, dan program tersebut terbilabg sukses dilakukan.

Dalam sistem e-voting ini, para pemilih nanti hanya melakukan pilihan calon Kepala Daerah dengan ‘Touch Screen’ yang kemudian mengeluarkan ‘print’ atau hasil cetakan dari pilihannya tersebut. Hasil cetakan itu selanjutnya akan dimasukkan ke dalam tong suara.

“Jadi nanti yang akan dihitung adalah hasil ‘Touch Screen’ dan ‘Print’ suara dari para pemilih,” ujarnya

Pekalongan Siap Gelar Pilkada dengan e-Voting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment