Friday, September 14, 2012

Kemarau Panjang Ratusan rumah di Pekalongan Tak teraliri Listrik

Pekalongan - Ratusan rumah tiga desa di Kecamatan Lebakbarang dan Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan terpaksa hidup dalam kegelapan. Hal ini dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan, turbin ataupun kincir air yang biasanya mampu menopang kebutuhan listrik warga, kini sudah tidak mampu bergerak lagi karena debit air sedikit.

Selama ini kebutuhan listrik warga bergantung dengan debit air yang mengalir di sungai Sengakarang. Namun, saat ini kondisi air di sungai yang tidak melimpah tak mampu menggerakan turbin atau kincir air warga.

“Hal ini mengakibatkan ratusan rumah warga yang berada di desa Wonosido, Lebakbarang ini sudah sebulan lamanya hidup tanpa listrik, akibat kemarau panjang,” tutur Casrinto, warga sekitar.

Menurutnya, saat hari biasa, air di sungai Sengkarang ini bisa mencapai 2,5 meter dengan diameter bendungan sungai sekitar 8 meter.

“Di hari biasa bendungan ini mampu mensuplai energi listrik ke desa Wonosido dan Pulosari, serta desa-desa Songgodadi Kecamatan Petungkriyono,” tambahnya.

Warga berharap, dengan cara membendung aliran sungai dapat mengaliri sebuah bangunan yang dapat menggerakan turbin dan menyalakan generator untuk listrik. Namun karena debit air sedikit, turbin sama sekali tidak bergerak. Padahal, melalui generator ini, sebanyak 150 rumah di tiga dusun dapat menikmati listrik yang menghasilkan sekitar 30 ribu volt.

Dengan debit air yang sedikit ini, kini ratusan rumah warga tidak dapat menikmati aliran listrik. Barang-barang elektronikpun tidak bisa menyala. Sebagai penerang di malam hari, warga kini mengandalkan lampu buatan sendiri dengan energi minyak tanah. Padahal harga minyak tanah sendiri mencapai Rp 12,5 ribu perliternya.

Desa-desa di kecamatan Lebakbarang sendiri memang selama ini lebih banyak mengandalkan tenaga listrik mikro hidro. Dari 11 desa hanya tiga desa yang dialiri listrik oleh PLN. Warga berharap musim kemarau ini tidak berkepanjangan agar dapat mampu menggerakan kincir air buatan sendiri atau turbin dari PLTMH. (zas/bye)

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Kemarau Panjang Ratusan rumah di Pekalongan Tak teraliri Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment