Monday, September 10, 2012

Nonton Pekan Batik Nusantara Di Pekalongan Yuk

Kota Pekalongan, adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Batang di timur, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan dan barat.

Kota ini terletak di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 sebelah timur Jakarta.

Pekalongan dikenal mendapat julukan Kota Batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. Selain corak, kain sebagai bahan dasar batik yang dipakai juga cukup variatif, mulai dari kain prisima, katun hinga sutera.

Batik pekalongan sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak lama, dan hal ini menunjukkan bahwa eksistensinya memang sudah diakui oleh masyarakat luas pecinta busana batik sebagai pelopor sebuah produk kain batik ternama.

Banyak pencinta batik mengatakan bahwa batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang paling kaya warna. Sebagaimana ciri khas batik pesisir, ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis. Jika dibanding dengan batik pesisir lainnya Batik Pekalongan ini sangat dipengaruhi pendatang keturunan China dan Belanda.

Motif Batik Pekalongan memiliki variasi warna yang atraktif. Tak jarang pada sehelai kain batik bisa terdapat berapa warna yang mencolok, tapi dikombinasi dengan warna yang cukup cantik dan serasi.


Mengenai harga, batik Pekalongan juga cukup beragam, karena dari harga grosir hingga harga eksklusif ada di Kota Pekalongan itu.

Untuk lebih mengenalkan lebih dekat hasil karya tradisional warga Pekalongan itu, Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menggelar Pekan Batik Nusantara 2012, mulai 3--7 Oktober 2012 di Gedung Olahraga dan Kesenian, Jalan Jetayu, Kota Pekalongan.

Asisten I Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengatakan bahwa kegiatan Pekan Batik Nusantara 2012, rencananya dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

"Pada kegiatan ini, kami akan menampilkan produk andalan dari industri kecil menengah dan menampilkan batik karnival, aksi teatrikal, dan festival seribu lampion," katanya.

Menurut dia, pada kegiatan Pekan Batik Nusantara 2012, panitia penyelenggara juga akan menyediakan 140 stan pameran dan 50 stan kuliner.

"Sedangkan, jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan karnaval sebanyak 300 orang dan sekitar 300 orang pemain untuk mengisi pertunjukan teatrikal," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo mengharapkan kegiatan Pekan Batik Nusantara 2012 mampu menbawa daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah setempat.

"Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya ini, akan menampilkan produk-produk andalan industri kecil menengah dan kerajinan batik tersebut diharapkan membawa daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah setempat," katanya.

Ia menambahkan bahwa pada tahun ini, rencananya Museum Batik Pekalongan masuk nominasi "Cipta Award" dan Kampoeng Batik Kauman juga masuk 15 nominasi nasional Desa Wisata terbaik.

"Saat ini, berbagai persiapan di lokasi wisata itu makin ditingkatkan, seperti keberadaan "home stay" yang semula hanya berjumlah enam tempat kini bertambah menjadi delapan, termasuk penjual kuliner juga bertambah," katanya.

Selain sebagai Kota Batik, Pekalongan memilik memiliki berbagai potensi ekonomi yag cukup prospektiof, yakni pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Pelabuhan ini sering menjadi transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan dari berbagai daerah. Selain itu di Kota Pekalongan banyak terdapat perusahaan pengolahan hasil laut, seperti ikan asin, terasi, sarden, dan kerupuk ikan, baik perusahaan berskala besar maupun industri rumah tangga.

Sangat disayangkan bila para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekalongan tidak membawa selembar kain batik khas karya sebagai tanda mata serta buah tangan hasil laut buat sajian menu keluarga

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Nonton Pekan Batik Nusantara Di Pekalongan Yuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment