Monday, September 17, 2012

Pekalongan Siapkan Wisata Sungai

Setelah meluncurkan program kali bersih (Prokasih) dengan memprioritaskan penggarapan lima sungai yang ada, Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah akan menggarap lagi sungai-sungai yang ada menjadi kawasan wisata air.

Lima Sungai di Kota Pekalongan yaitu Pekalongan, Bremi, Kalibanger, Asem Binatur, dan Meduri meskipun air yang mengalir masih tetap berwarna hitam pekat dan aroma tidak sedap akibat pencemaran, namun terlihat lebih bersih dengan taman di sepanjang aliran sungai tersebut.

Program kali bersih (Prokasih) yang diluncurkan beberapa bulan lalu sebagai upaya menciptakan lingkungan bersih di sekitar bantaran sungai, cukup berhasil menyulap dari kekumuhan menjadi pemandangan yang cukup enak, meskipun hitam pekatnya air sungai dan aroma tidak sedap masih mengganggu.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Supriono di Pekalongan, Minggu (16/9), mengatakan sebanyak lima sungai tersebut menjadi target prokasih secara serentak, termasuk pada sempadan sungai dan badan sungai," katanya.

"Akibat pencemaran limbah air sungai kondisi perbaikan cukup sulit, namun secara bertahap dengan program Prokasih ini akan memperbaiki lingkungan sungai yang ada," kata Supriyono.


Setelah program Prokasih mencapai titik keberhasilan, Pemkot Pekalongan kini sedang mempersiapkan sungai-sungai tersebut menjadi kawasan wisata air yang akan mulai dikerjakan pada tahun 2013 hingga 2015 mendatang.

Wali Kota Pekalongan Basyir Achmad kepada Media Indonesia di Pekalongan, mengatakan secara bertahap penataan sungai terus dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat, kemudian program wisata air akan diluncurkan.

Penataan pada tahap awal, menurut Basyir Achmad, dimulai pada sungai dari jembatan Loji hingga sepanjangf jalan Diponegoro, Pekalongan, kemudian secara bertahap subgfai-sungai lain akan dibenahi.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Pekalongan Siapkan Wisata Sungai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment