Wednesday, December 12, 2012

Kawasan Rentan Rob Di Kota Pekalongan Pelu solusi

Saat ini sejumlah kawasan di Kota Pekalongan yang rentan terkena luapan air rob memerlukan solusi yang menyeluruh, karena dampak ekonomi dari rob itu berpengaruh pada kehidupan  perekonomian masyarakat setempat.



Demikian disampaikan  Ir Beni Diah Madusari, akademisi dari Universitas Pekalongan saat berbicara pada sosialisasi dampak perubahan iklim terhadap kondisi sosial ekonomi Kota Pekalongan, Selasa (11/12). Menurut  Beni, luas wilayah Kota Pekalongan yang berpotensi terkena rob mencapai  lebih dari 4 ribu hektar (ha) dan panjang pantainya lebih kurang 5 kilometer. “Lahan tambak yang terkena mencapai 550 ha dan sawah  183 hektar yang tersebar di wilayah desa Degayu, Pabean, Panjang Baru, Krapyak Lor, Panjang Wetan, Kandang Panjang dan Bandengan,” katanya. Beni  menunjukkan lahan pantai yang berupa tambak, sawah telah menjadi genangan dengan sanitasi tinggi sehingga budidaya ikan  maupun padi di kawasan itu tidak produktif, bahkan pada tahun 2011 mengalami gagal panen. 
 
 “Lahan pantai yang terkena  atau rawan rob merupakan lahan yang  sangat penting bagi masyarakat,  karenanya diperlukan  tekhnolgi tepat guna  untuk memanfaatkan  lahan rentan rob untuk meningkatkan  perekonomian masyarakat setempat,” katanya. Terkait dengan itu, Beni menawarkan beberapa solusi, di antaranya relokasi, akomodasi  dan proteksi. Sementara itu perwakilan The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit  ( GIZ ) Muhamad  Nurhadi  menilai, terkait perubahan iklim di Kota pekalongan belum ada proyeksi iklim secara khusus di Kota pekalongan. Perkiraan iklim di masa yang akan datang dikaji dari iklim kawasan dan regional. “Saat ini kenaikan permukaan air laut mencapai  0,6 sentimeter sampai dengan 0,8 sentimeter pertahun,” katanya.  Diperkirakan,  100 tahun mendatang permukaan air laut akan naik sampai 0,8 meter dan mempengaruhi  913, 8 hektar lahan yang memiliki njarak sampai 2 kilometer dari garis pantai.  (MC/Humas & Protokol/AN Takari/Kus/toeb) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Kawasan Rentan Rob Di Kota Pekalongan Pelu solusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

2 komentar:

  1. Saya sedikit koreksi luas areal yang berpotensi terkena rob 4

    ReplyDelete
  2. Luas Kota Pekalongan sekitar 45oo Ha,kalau yang potensi terkena rob 4000 Ha masyarakatnya mau kemana? apa datanya tidak salah?

    ReplyDelete