Wednesday, September 19, 2012

Ditolak Pedagang, Revitalisasi Pasar Grosir Setono Dibatalkan

Pemerintah membatalkan pembangunan revitalisasi Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan, Jawa Tengah senilai Rp1,4 miliar karena tidak mendapatkan persetujuan dari para pedagang yang tergabung dalam Koperasi Pengusaha Batik Setono (KPBS).

Ketua Koperasi Pengusaha Batik Setono, Kota Pekalongan, Khaerudin di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pembangunan revitalisasi grosir Setono menimbulkan sikap pro-kontra dari para pedagang batik di pasar grosir itu.

"Akan tetapi, setelah dilakukan rapat dalam rapat anggota tahunan (RAT) belum lama ini, para pedagang yang tergabung pada KPBS) menolak pembangunan revitalisasi pasar grosir," katanya.

Menurut dia, sebenarnya penolakan pembangunan revitalisasi pasar grosir belum final karena pengurus koperasi juga perlu menyampaikan masalah tersebut pada pemerintah kota setempat.

"Revitalisasi pasar grosir itu membutuhkan kajian yang cukup mendalam, apalagi dana yang dialokasikan juga banyak, yaitu Rp1,4 miliar," katanya.

Ia mengatakan bahwa pengurus KPBS berencana mengadakan rapat anggota luar biasa setelah pada RAT sebagian anggota koperasi menyampaikan penolakannya.

Pengurus KPBS, katanya, sudah menyampaikan laporan tertulis mengenai mekanisme atau prosedur sebelum mengadakan kegiatan rapat anggota luar biasa.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Grosir Setono, M. Sobari mengatakan bahwa sebenarnya pembangunan revitalisasi pasar grosir akan menguntungkan para pedagang karena kondisi pasar akan makin ramai.

"selain itu, juga bisa menambah daya tarik para investor menanamkan investasinya di Kota Pekalongan. Jika nantinya revitalisasi itu bisa menguntungkan semua pihak, kenapa harus ditolak," katanya.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya memang sebagian pedagang yang menyewa kios di Pasar Grosir Setono menolak revitalisasi pasar karena mereka takut terkena dampak saat proyek itu dilaksanakan.

"Sebagian pedagang yang menolak revitalisasi adalah mereka yang menyewa kios di pasar itu. Namun setelah dilakukan negoisasi, para pedagang pun menyetujui revitalisasi pasar grosir," katanya.

Rating: 4.5
Herman Susanto

Ditolak Pedagang, Revitalisasi Pasar Grosir Setono Dibatalkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment