Thursday, October 11, 2012

Besok, 397 Pendaftar Ikut Seleksi Administrasi

Tim Seleksi Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk kabupaten/kota di Jawa Tengah akan melakukan seleksi administrasi terhadap 397 pendaftar dari 33 kabupaten/kota di Jateng, Kamis (11/10/2012) besok.
"Pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap berikutnya, berupa tes tertulis, akan diumumkan Jumat (12/10/2012), melalui website www.bawaslu.go.id dan diinformasikan via SMS (layanan pesan singkat)," ujar Ketua Tim Seleksi Panwaslu, Sriyanto Saputro, Rabu (10/10/2012) di Semarang.
Selanjutnya para calon yang lolos administrasi akan mengikuti tes tertulis, Minggu (14/10/2012), yang diselenggarakan di tiga tempat yakni di wilayah Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) I, II, dan III.
Untuk Bakorwil I diadakan di Kudus meliputi peserta dari Kota Semarang, Kabupaten, Semarang, Kota Salatiga, Kendal, Demak, Grobogan, Pati, Rembang, Blora, dan Jepara.
Bakorwil II diselenggarakan di Magelang terdiri atas Kota Solo, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, Sragen, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen.
Untuk Bakorwil III tes tertulis diadakan di Pekalongan bagi peserta dari Kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalan g, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Brebes.
Sesuai dengan jadwal yang sudah disusun tim seleksi, pengumuman hasil tes tertulis akan dilaksanakan pada 16 Oktober 2012.
Sriyanto menyatakan, di Kabupaten Banyumas dan Kudus tidak diadakan seleksi panwas, karena sudah dibentuk oleh Bawaslu pusat.
Setelah tes tertulis, tim seleksi masih terus menjaring calon panwaslu kabupaten/kota hingga menjadi 12 calon di setiap kabupaten/kota. Para calon tersebut kemudian akan mengikuti seleksi tahap berikutnya yakni wawancara pada 18-25 Oktober mendatang.
"Pengumuman hasil tes wawancara dilakukan pada 29 Oktober 2012," katanya.
Terakhir, tim seleksi akan menyerahkan enam nama kepada Bawaslu Jateng untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.
Pihaknya optimistis target waktu yang diberikan hingga akhir Oktober ini bisa tercapai, sehingga diharapkan pada pertengahan November 2012 Panwaslu Kabupaten/Kota se Jateng sudah bisa dilantik dan segera menjalankan tugasnya, terutama pengawasan terhadap tahapan Pemilihan Gubernur Jateng 2013 yang kian dekat.


Rating: 4.5 Herman Susanto

Besok, 397 Pendaftar Ikut Seleksi Administrasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Momons

0 komentar:

Post a Comment